Monday, September 22, 2008

RAMADHAN FOR KIDS! (PART 2)

Siapa bilang jadi orang tua bertahun-tahun idem ditto dengan kepiawaian mengemas aktivitas untuk para permata hatinya? Yah bisa dibilang awal-awal jadi pasangan hidup dan ortu (ciele, hehe...) banyak trial n error-nya, coba ini ngga jalan, coba nyang laen, terus aja gitu... Alhamdulillah belakangan, karena udah makin kompak visi-misinya, kami bisa satu kata dan hati dalam mendidik anak-anak, entah dalam urusan pengkondisian suatu keadaan atau yang paling gampang, memutuskan untuk membeli suatu barang untuk anak.

Terkait dengan Ramadhan, tahun ini aku tergelitik untuk mengajak anak-anak i'tikaf pada 10 hari terakhir. Bukan perkara gampang ternyata, karena survei membuktikan bahwa tidak semua mesjid siap mental dan fasilitas untuk menyelenggarakannya. Yang ada biasanya hanya untuk kalangan bapak-bapak aja, atau ada untuk keluarga, tapi konsumsi agak amburadul, atau kendala lainnya, materinya blong aja alias kita yang kudu kreatif bikin acara sendiri. Pinginnya kami sih mabit/nginap di mesjid sejak ba'da ashar sampai subuh/dhuha, baru pulang deh, biar kerasa suasana beda dibanding puasa di tengah keluarga sendiri di rumah. Ini kan juga belajar sosialisasi, menu yang beda, kasur yang beda, riuh-rendah suara orang dan lainnya?

Awalnya sempat terbit harapan, di mesjid dekat kantor suami, mau diadakan i'tikaf untuk perempuan, tapi finalnya agak menyedihkan, lagi-lagi hambatan fasilitas kamar mandi yang minim akhirnya membuyarkan harapan itu. Tapi subhanallah, Allah memang sungguh pengatur skenario utama, Dia bisa dengan mudahnya 'menghadirkan' lokasi lain, dekat rumah pula, yang menerima i'tikaf akhwat dengan fasilitas baru, tenda AC a la Arafah! Percaya tidak, aku sampai menangis tersedu-sedu mendengar itu... Ah aku kian percaya bahwa Dia begitu sayang pada kami, dijabah-Nya doa ini, dengan segala kuasa-Nya... Subhanallah!

2 comments:

Ayik dan Ernut said...

Hebat sekali, Mbak Diana! Patut ditiru ibu-ibu lain nih! Salam. (ernut)

vaye said...

wuih emang pasukan ceriah deeeh
seneng seneng kompak ibadah hayyu
cihuy bangetss =)