Thursday, July 10, 2008

COBLOS NYANG BERKUMIS YAH...

Baca koran hari ini tentang hasil sementara Pilkada Bali, jadi ingat liburan minggu lalu. Alhamdulillah kami sekeluarga bisa berlibur ke sana (ngga ke tempat-tempat dugem sih, tapi durang/dunia terang benderang, hehe...), sempet juga merhatiin spanduk-spanduk cagub/cawagub dengan jargonnya yang lucu dan cukup kreatif.


Tadinya sempet kuatir, rada heiboh bin rusuh ngga ya musim kampanye di sana, bayangin model pulau Jawa begini? Ternyata setelah 2-3 hari kok sepi sunyi bin senyap aja, adem ayem kayak ngga ada hajatan spesial. Selidik-selidik tanya bapak penjaga museum Le Meyuer, ramenya cuma di kota Denpasar dan sekitarnya, kalo di pelosok mah serasa hari biasa aja. Emang sih baca koran Bali katanya pada sempet deg-degan soal surat suara yang belum nyampe plus isu kupon berhadiah yang setengah berbau money-politics, karena baru akan diundi kalau cagub itu menang pilkada, selebihnya mah nihil.

Kalau pasukan ceriaku ngeliatin baju 3 pasang calon itu kombinasi warna hitam dan putih (pasangan I hitam-hitam, yang kedua putih-putih, yang III putih-hitam), aku justru rada konsern sama diksi alias pilihan kata-kata yang dipakai. Naah, kalau pasangan kedua pake singkatan naman cagubnya untuk bikin slogan (CBS= Cerdas, Berbudaya, Sejahtera), pasangan ketiga pake slogan "menuju Bali Mandara" (maaf kalo keliru ya bli/mbok) en kata gosip via quick count teh sedang hot-hotnya memimpin penghitungan suara, pasangan pertama ini yang rada-rada niru gaya Fauzi Bowo waktu kampanye cuma beda tipiiiiiis banget, coblos kumisnya versus coblos yang berkumis (kebetulan cagub dan cawagub ini duet berkumis). Kata "Berkumis" di sini ternyata singkatan dari "Berjuang Kurangi Kemiskinan". Dasar jail, tiap lewat baliho gedhe-gedhe yang memuat semboyan sumringah begitu, akhirnya kuplesetin jadi "Berjuang Kurangi Kumiskinan"! eh anak-anakku yang protes,"Mama, itu kan salah?" Yah Nak, kalau plesetan tuh haram hukumnya dibenerin, jadi kagak seru, tul kan??

Horas! Eh salah ya, masak di Bali ada seruan horas sih? Waduh, lupa nanya ke si mboknya, kudu balik dulu ke sono dong, hehe... Maunya!

2 comments:

elyswelt said...

foto2 nya mana mbak ? :)

kabarku baik mbak, suwun, mbak Diana sendiri gimana kabarnya ?

zuki said...

:-P