Friday, August 8, 2008

RAFTING? RADA-RADA NORCE LAH :)

Alhamdulillah, saat liburan ke Bali kemarin aku dan anak-anak sempat icip-icip olahraga baru, arung jeram alias rafting. Kalau Abang sudah pernah nyoba dulu di sungai Citarik bersama teman-teman sekantornya, so deg-degan campur-aduknya mah ngga sedahsyat aku (mungkin lho,hehe...)

Nah, ceritanya sebelum berlibur ke sana, Abang sudah woro-woro kepada pasukannya tentang rencana ini, sambil ngasih liat foto-fotonya via internet. Yang terbayang pertama sih asyik dan pasukan ceriaku ya bisa dibilang 'excited'-lah (halah, mbak Diaz bisa nyap-nyap nih tulisanku sok nginggris ;D). Oh kayaknya okelah, ngga syerem kok, de el el (padahal lagi nenangin hati sendiri tuh)

Pas di Bali, dikira teh ngga jadi, karena Abang masih bolak-balik kontak en nanya beberapa perusahaan rafting, juga nanya ke hotel. Ternyata rencana terus gol, Kamis tetep kebagian jatah untuk rafting, so horeeee!

Sesampainya di lokasi, seraya membawa dayung masing-masing, kami menuju sungai Ayung. Menurut mas Agus, sang guide, di sungai ini ada sekitar 11 perusahaan rafting, dengan titik start awal berbeda-beda. Nah "Payung Rafting" ini memiliki titik start paling jauh dan keuntungannya, kami dapat bonus melewati jeram setinggi 2 meter!

Setelah menuruni sekitar 300 anak tangga (fiuh, jangan tanya serunya deh, cobain sendiri agar supaya sampeyan bisa menghayati ghirahnya,hehe...) menuju pelabuhan eh pos ngetemnya si perahu karet, sampailah akhirnya kami. Deru suara air mengalir deras, riuh, dilingkupi pemandangan luar biasa hutan liar sepanjang sungai. Subhanallah, kata-kata puitis pun tiada 'kan mampu mengungkap keindahan karya paripurna Sang Pencipta...

Rentetan instruksi segera digaungkan, berikut peragaan oleh sang pemandu. Dayung maju, dayung mundur, stop, merunduk, juga soal kondisi darurat bila ada yang terseret arus akibat perahu terbalik. Okelah, meski tarif bisa dibilang 'banting harga', tapi soal profesionalitas, aku harus acungkan jempol untuk Bali. Rasa jeri yang sempat muncul, apalagi mengingat anak keduaku yang belum piawai berenang, perlahan sirna. So, sesudah bersiap-siap sambil menunggu pelanggan satunya datang (sepasang bule, katanya sih honeymoon 15 taon perkawinan), dayungpun mulai dikayuh.

Mendekati TKP jeram 2 meter, bli Agus pun kembali mengingatkan, meminta kami untuk bersiap duduk di dasar perahu, bukan lagi di sisi-Nya eh maksudnya teh di sisi perahu. Ini untuk antisipasi kalau perahu akan terbalik saking kerasnya jeram. Dan subhanallah, dahsyat man! Serentak kami berteriak, aaaaaaaah... Basah kuyub hingga ke jilbab dan kepala, serta sempat menelan air, tapi alhamdulillah tak satupun dari berlima yang terlempar dari perahu. Yang kocak justru perahu si bule, sang pemandunya yang malah sukses terlontar dan terbawa arus, dan iapun ditolong naik ke perahunya! Kejadian ini jadi bahan guyonan sepanjang perjalanan sisa.

Sesudah jeram tinggi itu, tidak ada lagi jeram dahsyat, paling hanya sedikit kelokan atau jeram yang rendah, serta air terjun yang deras mengucur, jadi semacam tempat persinggahan untuk hidroterapi. Kesimpulanku, naik arung jeram ternyata mengasyikkan, seru, penuh tantangan, memacu adrenalin kita, dan mungkin juga bisa jadi refleksi bahwa kehidupan ini penuh suka-duka, silih-berganti, kadang bisa diprediksi namun tak jarang sulit diantisipasi. Eh, udah 'dalem' belon bahasanya, hehe...

So, jangan takut untuk rafting, insya Allah uenak tenan lho, apalagi untuk orang-orang norce begini,hahaha... Ah, guyon kok :)

13 comments:

Diah Utami said...

WOW...WOWW...WOWWW...!!! Huibattt, mbak Diana, asyik banget tuh, rafting-an bareng pasukan ceria. Saya sih harus belajar berendam eh berenang dulu kali ya, baru menjajal jeram. Nanti-lah, suatu saat. Insya Allah.
Ohya, bahasanya udah OK bgt deh, mbak. ;)

elys welt said...

fotonya donk :)

Diana said...

mbak diah: blm bisa renang gpp sih nyoba arung jeram, insya allah tetep aman kok :)

mbak ely: iya nih, blm jg diajarin sm Bos abang,hehe...

Rita said...

I suami 2 junior..... tadi aku bacanya ketuker mba heheh...

Jeram setinggi 2 meter??? akhhh bonus yg menakutkan hehe
Trus gimana reaksi si pemandu setelah justru mental kluar?

nati kalo pas cuti ke sana mau nyoba :D

Diana said...

mbak Rita: duh senengnya mbak sempatkan mampir,kamsia-kamsia :) Wdh, jgn ketuker lagi ya,bisa gaswat ;) Alhamdulillah, seru & asyiknya bisa ngalahin rasa takutnya kok, bener.

wkurniawan said...

wah serunya...dari dulu kepengen tapi sampe sekarang belum kesampaian

danudoank said...

krn sayah blom norce2 banget kayaknya gak bisa rafting :d. salam dari depok buat bang zuki, mbak kuni n adeknya (lupah jee namanya :d)

Diana said...

Melihat gegap gempitanya komen soal rafting, kyknya layak deh aku dpt kumisi dr perusahaan rafting,hehe...

Lam kenal jg u mas wkurniawan,hrs dicoba mas,insya Allah seru.

@mas danu: Yusuf mas, anakku yg kedua. Lho bukannya sering outbound sm mbak Nunik+Nanda dl wkt di Al Fikri? Hehe,ga hrs norce kok u rafting ;p

Diaz said...

Ah yayayayya...rafting memang asiiikkk bangettt, apalagi kalo pengalaman perahunya kebalik...hahahha udah pernah nyoba di Citarik, cuma blum pernah nyoba yg di Ubud Bali....wah nyesel juga ga jadi waktu itu....ihhh mba Diana enak bener nih, perasaan jalan2 mulu sekeluarga....taon depan kemana lagi? *menunggu trus cerita jalan2nya* :D

Frenavit Putra said...

Wah rafting?Sip2 pasti seru ini...He2x

Vaye said...

aiih syenangnya rafting se'pasukan' getho.
dulu wk masih 'muda' pernah,
kayaknya terisipirasi juga nih rafting bareng 'genk' :-)

utchanovsky said...

Ganas bu, suka ekstrem sport juga :D

silverring said...

Salam kenal bu :) Wah seru amat raftingnya! Aku blm pernah nyobain jeram 2 meter... Tapi rafting memang asik ya sambil menikmati pemandangan dari tengah sungai, hutan di kiri-kanan,... yg kayak gitu view-nya beda sama yg kita liat sehari2... Indah.... :)