Tuesday, March 10, 2009

INSIDE MECCA, INSIDE MY HEART...




Semalam, bersama Abang, aku menonton "Inside Mecca" di National Geographic Channel. Bertutur tentang 3 orang jamaah haji yang berasal dari 3 benua, yaitu Fidelma yang asli Amerika Serikat, Ismail dari Malaysia, dan Khalil dari Afrika Selatan. Ketiganya mengawali dan menjalani perjalanan sucinya ini dengan pergulatan batin yang berbeda. Fidelma yang seorang muallaf, Ismail yang pengusaha sukses, dan Khalil yang -- maaf kalau salah -- seorang rakyat biasa. Dari ketiganya, Khalillah yang menempuh rute napak tilas hajinya dengan naik bus umum, berlari-lari menggotong koper, sementara Ismail maupun Fidelma bisa dikatakan teramat nyaman dalam 'petualangan'nya ke Mekkah.

Ada saat-saat aku mengenang perjalanan hajiku dulu. Subhanallah, begitu banyak kenangan, betapa berlimpah ujian kesabaran. Sabar yang tidak hanya terucap melalui kata-kata semata, tapi tertempa lewat teramat banyak kejadian. Ketika harus menunggu antrian di bandara King Abdul Aziz, menanti bus yang akan membawa ke Mekkah, sewaktu terlambat tiba di Masjidil Haram kala Jumat, juga yang tiada pernah terlupakan dari ingatan, tatkala Abang jatuh sakit justru menjelang dan pas wukuf di Arafah, saat-saat makbul untuk memanjatkan doa. Juga ketika memandangi langit biru Mekkah usai tawaf Wada' sebelum beranjak ke Madinah...

Dan semalam, tak terasa ada air mata, basah, dan kian basah ketika aku shalat syukrul wudhu sebelum tidur...

Allah, betapa rindu aku menatap kembali rumah-Mu, rumah yang sebenar-benar rumah bagiku, rumah di mana aku begitu diterima dengan sepenuh kasih-Mu, segenap ampunan-Mu...

Rabb, kini kutahu, kekuatan terbesar yang kumiliki hingga detik ini aku bisa berdiri tegak berjuang melawan segenap ujian hidup adalah keyakinanku akan diri-Mu, yang utuh tak terpenggal...

No comments: