Wednesday, January 23, 2008

HAH, CUCI EMBER?

Setelah kemarin tulisanku agak-agak terlalu serius (idih, ngaku nih yee...), baiklah, kali ini "yang ringan dan yang lucu" tapi insya Allah tetap full hikmah.

Sebenarnya sih ini kisah biasa yang dialami sepasang pengantin baru. Namanya juga bersumber dari rumah yang berbeda, orang tuanya beda, pola asuh, kebiasaan, juga karakter beda, yang bedanya itu dari cuma beda-beda tipis sampai beda-beda banget gitu loh, senasib dengan 2 kutub berseberangan lah...

Naah ceritanya, aku punya kebiasaan kalau mau pergi pinginnya rapi jali itu rumah, supaya kalau pulang udah teler, istilah kasarnya tinggal bobo aja gitu, ngga perlu beres-beres. Parahnya, kebiasaan ini ditambah dengan sifat perfekku dan kebiasaan menunda hingga "the last minute". Kebayang kan betapa riuh-rendahnya detik-detik tiap kepergian kami ke luar rumah (entah ke rumah ibu/mertua, ke mall, atau sekedar nenangga)?

Yang termasuk daftar beres ketika meninggalkan rumah salah satunya adalah mencuci piring kotor. Waktu itu, di rumah kami yang masih model 4L (lu lagi lu lagi :p) alias tipe 45, pompa airnya non otomatis, jadi hanya waktu-waktu tertentu saja pompa itu menyala, biasanya jam 7-8 pagi dan 4-5 sore. Jadilah aku menampung air di sudut sempit dapur dengan ember biru. Dan entah kenapa, aku selalu tergelitik tiap selesai basuh-basuh piring kotor kok asyik juga sekalian basuh-basuh sang ember.

Mula-mula sih suami tercinta ngga komplain, dia cuma heran aja nih istriku kok ngga selesai-selesai nyuci piring? Tapi belakangan dia ngga tahan juga ngintip setelah lamaa nunggu di mobil, dan "hah, nyuci ember? Kapan berangkat say?" Jadilah aku tersipu-sipu dan buru-buru ngacir ke kamar untuk ganti baju.

Tapi entah kenapa, susah betul menghilangkan ritual itu (hayo ngaku yang juga perfeksionis, hehe...), dan terus-terang, stres juga plus dilematis. Untung aja suami sabar betul membimbingku, pelan-pelan sambil nyindir, "eh sayang, ngga nyuci ember dulu nih?", seraya kedip-kedip. Tanganku yang sudah meraih sang ember akhirnya dengan berat hati menaruhnya kembali ke TKPnya semula.

Sekarang sih sudah agak jauh lumayan berkurang, karena makin sadar kebiasaan dan sifat itu bikin makan ati sendiri. Malah suami yang kini suka terheran-heran,"lho kok itu piring ngga dicuci?" Hehe, pinginnya sih jawab,"ntar aja say, nunggu ember baru!" Gubrax bangets!!

1 comment:

zuki said...

berarti ... jangan beli ember baru aaaah ... :-P