Monday, June 1, 2009

PETUALANGAN KE BAMBU APUS




Di luar jadwal rutinku, Rabu lalu aku menjelajah wilayah Bambu Apus, Jakarta Timur, dalam rangka membantu menyeleksi calon siswa SMA Unggulan. Duluuu sekali pernah sih waktu masih nguli ke Panti Sosial, nanganin klien remaja. Nah, itu kan udah jadul banget, secara peta di kepala masih agak samar-samar sih, hehe... Cuman masalahnya dulu arahnya kan dari terminal Cililitan (yang sekarang dah disulap jadi PGC), so it will be wasting my time, karena aku kini dari Depok! So kasak-kusuk sana-sini, en nge-google map (nih bahasa apaan yah??) malah bikin bingung, en tambah berkuadrat-kuadrat soal berapa waktu tempuh en naek apa. Mau naik taksi ya itu jalannya mblusak-mblusuk kagak jelas, akhirnya bismillah deh, ambil amannya, berangkat mendahului para pasukanku, 1,5 jam sebelum waktunya.

Ngojek dulu sampe pasar, nyambung angkot dengan tujuan Pasar Rebo. Di angkot ini, alhamdulillah, pertolongan Allah memang dekat. Ibu muda berjilbab yang kutanyai dengan ramah memberi petunjuk cukup jelas, demikian juga dengan pak polisi tinggi besar (gimana engga, aku yang semampai ini sampe mendongak, halah ngaku-ngaku semampai tho Jeng??), yang dengan tegas nyuruh aku nyambung mikrolet 40 untuk turun di depan TMII. Siap, laksanakan!

Nyebrang, nunggu T01 (nih beneran angkot kawan lamaku dulu, the one & only route), barengan dengan sama nenek-nenek dan ibu-ibu yang baru pulang belanja di pasar Cililitan. Awalnya mereka asyik ngobrol sendiri, tapi pas aku nanya pak sopir soal lokasi TKP, mereka spontan saling menyahut. Wah masih jauh Neng, sabar aja ya?Itu mah udah hampir ujung, bla bla bla... Pokoknya seru banget mereka ngasih juklak, kali trenyuh ngeliat wajah memelasku (hehe, kayaknya ngga pernah jual tampang begitu, bengong en bingung iya, ups!)

Pelajaran hari itu adalah dari orang-orang kecil ini, yang secara psikologis ngga kenal sama aku, adalah betapa mereka tulus, mungkin jauh lebih tulus dari mereka yang ngaku-ngaku orang besar. Polisi di jalan, nenek dan ibu sederhana yang notabene 'cuma' jualan sayur di warungnya yang sesak dan pengap, supir yang ramah, ah ketulusan yang tidak terbeli oleh uang dan kekayaan berlimpah... Subhanallah, Allahlah penulis skenario dan sutradara kehidupan terbaik!


---
bukan hal-hal besar yang menjadikan orang besar
tetapi hal-hal yang lebih kecil
yang dikerjakan dengan kekuatan impian-impian besar
dan pengabdian yang setia...

(mario teguh)

No comments: