Wednesday, April 1, 2009

WASHI WASHI...



Menjawab 'tuduhan' mbak Diah kalau aku bikin boneka washi sendiri, baiklah, inilah saatnya klarifikasi yaa (sok euy, sok arteess, pake klarifikasi segala ;p)

Hm, itu gambar aku ambil dari internet, secara emang ciamik bangets sih... Keliatan emang kertasnya muahal, bukan kertas origami biasa yang beredar di pasaran (kalo ga salah, namanya kertas wafu). Nah, kenapa juga aku posting gambar itu? Karena pas hari Ahadnya, aku ikutan kursus singkat bikin boneka washi di Margo City, kok ya ndilalah peminatnya cuma aku doang en sukses juga maksa mbaknya untuk ngajarin aku, secara privat cuman mbayar 20 rebu lah opo rak murah tho? Hehe, ketauan tukang maksa nih...

Yang lucu, baru kali ini deh kayaknya emaknya kursus en anak-anak nonton. Gimana engga, anak-anakku yang heibat bin heiboh itu ngga abis-abisnya godain mamanya, ngumpetin ini-itu, coret-coret sisa kertas origaminya, halah baru tau rasa deh emaknya dikerjain, hihi...

Ternyata setelah selesai, aku baru inget pernah dihadiahi pas ultahku, 3 buah benda sama sahabat karibku yang dulu pernah ikut program AFS ke Jepang, yaitu boneka mini berujud perempuan cantik mengenakan kimono, uang logam Yen berlubang di tengahnya, dan origami burung bangau. Kata sohibku, semua barang itu punya perlambang, boneka melambangkan kecantikan, uang melambangkan kemakmuran, dan burung melambangkan kebahagiaan. Dan katanya pula, benda-benda itu diberikan teriring doa tulus semoga aku dianugerahi Allah kecantikan jiwa-raga, kebahagiaan, dan juga kekayaan, aamiin, subhanallah...

Hm, Jepang ternyata sarat nilai filosofi juga seperti masyarakat kita ya? Dan subhanallah, boneka itu taunya boneka washi dan... taunya juga, aku pernah coba bikin sendiri dan lumayan sukses lho (ngga jelek-jelek amat), untuk anakku dan adik bungsuku waktu dia akan menikah. Hehe, mereka-reka sendiri aja, alhamdulillah hasilnya so far ok :)

So mbak Diah, sebagai sesama pecinta kriya Jepang, coba aja mbak bikin sendiri atau ikut kursus di Bandung, harusnya sih ada khan? Kalu sama aku, udah muahal (huss, matre!), nti kebanyakan improvisasinya, haha...

6 comments:

Diah Utami said...

Wah... washik (baca: asyik) ya? kursus privat bikin boneka washi. Kertasnya emang bagus banget mbak. Saya juga sampe merasa sayang sendiri untuk manfaatinnya. Hehe... Jadi barang koleksi aja. Hahaha...!

ernut said...

betul mbak, japanese origami memang keren!!

zuki said...

ayo ... pada bikin ... :D

Anonymous said...

ih mbak kayanya seru tuh ceritanya..
mau bagi bagi penagalaman g mbak?
mbak ikutan kursus boneka washi d margo aja atau ada yg rutin? kl mau ikut yg rutin bayar brp ya mbak? trus dmn? trus penjualan boneka washi sendiri di daerah jakarta timur ada g mba? saya anak sma yg pgn nyari uang jajan tambahan nh mbak. lumayan siapa tau bs buat nabung juga. hehe. mohon kerjasamanya ya mbak. thx (balasannya krm aja k
fit.4.fight@hotmail.com)

eka said...

mbak, nama kertasnya washi .. memang lebih lentur sehingga tdk mudah sobek.
Kalo mbak tertarik utk kursus bikin boneka washi atau origami .. bisa hubungi saya di 0811-193469

buku craft said...

boneka washi emang selalu terlihat cantik..
Jika ada yg butuh buku nya bisa liat di http://bukucraft.multiply.com