Wednesday, April 15, 2009

BAHAYA LIDAH KITA...


Tausiyah Aa Gym
Jumat, 10 April 2009




Saat tengah menjalani perjalanan Isra dan Mi'raj, Rasulullah, ditemani para malaikat, melewati bagian neraka yang di salah satu sudutnya dipenuhi sekumpulan kaum yang sedang mengguntingi lidah mereka sendiri. Rasul bertanya,"siapakah mereka itu,hai malaikat?"
"Mereka adalah umatmu, ya Nabiullah,"jawab malaikat.
"Umatku?"
"Benar ya Rasulullah..."
Dengan heran Rasulullah pun bertanya kembali,"mengapa mereka sampai masuk neraka dan dihukum untuk mengguntingi lidah mereka sendiri? Apa kesalahan mereka?"
"Mereka adalah orang-orang yang ketika di dunia amat giat memerintahkan orang lain berbuat kebajikan ini dan itu, namun mereka sendiri tidak menunaikannya...,"papar para malaikat.

Na'udzubillah min dzalik....

Pernahkah terbayang dalam benak kita sedemikian keras azab dan murka Allah pabila kita bertindak sebaliknya dengan yang kita ucapkan di hadapan orang lain? Berapa banyak dari kita memerintahkan/mengungkapkan ini dan itu kepada anak-anak, istri, juga mengumbar janji pada anak buah, dan mungkin atasan, namun sebenarnya kita sama sekali tidak mengerjakannya? Acapkali kita memandang ringan saja, suatu hal yang sepele, bila kita belum melakukan sebagaimana yang kita serukan?

QS Ash-Shaaf, 2-3:
"Wahai orang-orang yang beriman! Mengatakan kamu mengatakan apa yang tidak kamu kerjakan? Itu sangat dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan!"

No comments: